Menurut bahasa
adalah: perubahan tingkah laku yangberupa pikiran, perasaan, gerakan yang
meenjadi pengalaman.
Ø Perubahan: berbeda dari sebelumnya(berbeda menjadi
yang lebih baik).
Ø Tingkah: a. bisa berupa pikiran (otak)
b. Perasaan (hati)
c. Gerakan
(anggota tubuh)
Ø Pengalaman: sesuatu yang pernah dialami dan
mempunyai nilai, yang terjadi pada individu
Menurut istilah:
v Pembelajaran
adalah sebuah proses komunikasi antara pebelajar, pengajar dan bahan ajar.
Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.
v
Pembelajaran adalah cara membe lajarkan
bagaimana siswa agar bisa belajar secara efektif dan efesien.
v Menurut
Degeng pembelajaran adalah upaya untuk membelejarkan siswa. Dan menurut
Muhaimin, upaya untuk membuat peserta didik tertarik untuk belajar, mau
belajar, ingin belajar, dan terus-menerus belajar.
Tanda Pembelajaran
v Dapat
belajar
v Tedorong
untuk belajar
v Butuh
belajar
v Mau
belajar
Komponen Pembelajaran
Komponen merupakan suatu sistem yang tidak dapat dirubah
atau dikurangi, dan merupakan satu kesatuan utuh yang akan menjadi suatu bentuk
yang sempurna. Sebagaimana anggota tubuh yang terdiri dari berbagai subsistem
yang komplit.
Yang terpenting dalam pembelajaran adalah komponen-komponen
pembelajaran, salah satu dari komponen ini tidak terlaksana maka pembelajaran
tidak berlangsung dengan baik. Komponen itu adalah:
1.
Guru: Guru adalah
tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar,
widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator.
Peran guru dalam pembelajaran:
a.
memperhatikan
dan bersikap positif.
b.
mempersiapkan
baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya.
c.
memiliki
ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya.
d.
memiliki sensitivitas
dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta tugas masing-masing
2. Murid/siswa: Siswa sebagai peserta didik merupakan
subyek utama dalam proses pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan banyak
tergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan siswa.
Peran
siswa dalam pembelajaran:
a.
tertarik pada
topik yang sedang dibahas.
b.
dapat melihat
relevansi topik yang sedang dibahas.
c.
memiliki
motivasi.
3.
Materi
Pembelajaran: Materi pembelajaran adalah segala sesuatu yang dibahas dalam pembelajaran
dalam rangka membangun proses belajar,antara lain membahas materi dan melakukan
pengalaman belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
4.
Media
Pembelajaran: Dalam kaitannya dengan proses komunikasi media diartikan sebagai
wahana penyalur pesan pembelajaran. Atau dengan kata lain media pembelajaran adalah komponen
strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampai kan kepada
pebelajar baik berupa orang, alat maupun bahan interaksi pebelajar dengan
media.
5.
Evaluasi pembelajaran: evaluasi ditujukan untuk menilai pencapaian tujuan yang telah
ditentukan. Hasil dari kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik
(feedback) untuk melaksanakan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran yang
berkaitan dengan materi yang digunakan, pemilihan media, pendekatan pengajaran,
dan metode dalam pembelajaran.
Fungsi
evaliasi:
a.
Untuk
mengetahui kemajuan belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam
jangka waktu tertentu.
b.
Untuk
mengetahui efektivitas metode pembelajaran.
c.
Untuk
mengetahui kedudukan siswa dalam kelompoknya.
d.
Untuk
memperoleh masukan atau umpan balik bagi guru dan siswa dalam rangka perbaikan.
Beberapa tugas bagi
seorang guru dalam menjalankan proses pembelajaran diantaranya yaitu:
·
Mengajar →
transfer knowledge
·
Mendidik →
transfer value (nilai-nilai)
·
Melatih → transfer skill (keahlian)
Guru bergerak atau
melakukan usaha berupa transfer knowledge, value dan skill maka akan
menghasilkan materi yang sesuai dengan kondisi siswa dalam bentuk kognitif,
psikomotorik atau afektif
Kemudian materi yang
telah disiapkan tentunya penyampainya menggunakan metode, dan ini bergantung
pada cara berfikir atau persepsi masing-masing guru. Penyampaian materi
menggunakan alat bantu untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam materi,
yang disebut media. Baik berupa media visual, audio atau dengan keduanya
Evaluasi dilakuakn
untuk mengetahui seberapa berhasilkah seorang guru melakukan kegiatan
pembelajaran, dan melakukan pengembangan jika memang dirasa kurang berhasil.
Tehnik
pembelajaran
Dapa diartikan
sebagai cara yang dilakukan seorang dalam mengimplementasikan suatu metode
secara spesifik. Teknik pembelajaran merupakan gaya seorang dalam melaksanakan
metode atau teknik tertentu yang sifatnya indifidual, jadi dapat diartikan
bahwa penbelajaran bukan hanya berupa ilmu melainkan sebuah seni.
Pola-pola belajar
Ø makna interaksi: adanya hubungan antara dua orang
atau lebih (kelompok)
Ø
tujuan
Interaksi:
a.
Mempengaruhi
b.
Mengubah
c.
Memperbaiki
Ø
Pembagian
interaksi ada 2:
a.
Kontak:
interaksi yang terjadi sacar spontan atau langsung
Pembagian kontak:
a.
Kontak satu
orangdengan satu orang
b.
Kontak satu
orang dengan kelompok
c.
Kontak
kelompok dengan kelompok
b.
Komunikasi:
hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih (ada respon)
Dapat diartikan bahwa
kontak adalah sebuah awalan terjadinya komunikasi