Kamis, 17 November 2011

Arti pembelajaran

Menurut bahasa adalah: perubahan tingkah laku yangberupa pikiran, perasaan, gerakan yang meenjadi pengalaman.
Ø  Perubahan: berbeda dari sebelumnya(berbeda menjadi yang lebih baik).
Ø  Tingkah: a. bisa berupa pikiran (otak)
                     b. Perasaan (hati)
                     c. Gerakan (anggota tubuh)
Ø  Pengalaman: sesuatu yang pernah dialami dan mempunyai nilai, yang terjadi pada individu
Menurut istilah:
v  Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pebelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.
v  Pembelajaran adalah cara membe lajarkan bagaimana siswa agar bisa belajar secara efektif dan efesien.
v  Menurut Degeng pembelajaran adalah upaya untuk membelejarkan siswa. Dan menurut Muhaimin, upaya untuk membuat peserta didik tertarik untuk belajar, mau belajar, ingin belajar, dan terus-menerus belajar.
Tanda Pembelajaran
v  Dapat belajar
v  Tedorong untuk belajar
v  Butuh belajar
v  Mau belajar
Komponen Pembelajaran
Komponen merupakan suatu sistem yang tidak dapat dirubah atau dikurangi, dan merupakan satu kesatuan utuh yang akan menjadi suatu bentuk yang sempurna. Sebagaimana anggota tubuh yang terdiri dari berbagai subsistem yang komplit.
Yang terpenting dalam pembelajaran adalah komponen-komponen pembelajaran, salah satu dari komponen ini tidak terlaksana maka pembelajaran tidak berlangsung dengan baik. Komponen itu adalah:
1.      Guru: Guru adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator.
Peran guru dalam pembelajaran:
a.       memperhatikan dan bersikap positif.
b.      mempersiapkan baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya.
c.       memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya.
d.      memiliki sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta tugas masing-masing

2.      Murid/siswa: Siswa sebagai peserta didik merupakan subyek utama dalam proses pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan banyak tergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan siswa.

Peran siswa dalam pembelajaran:
a.       tertarik pada topik yang sedang dibahas.
b.      dapat melihat relevansi topik yang sedang dibahas.
c.       memiliki motivasi.
3.      Materi Pembelajaran: Materi pembelajaran adalah segala sesuatu yang dibahas dalam pembelajaran dalam rangka membangun proses belajar,antara lain membahas materi dan melakukan pengalaman belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
4.      Media Pembelajaran: Dalam kaitannya dengan proses komunikasi media diartikan sebagai wahana penyalur pesan pembelajaran. Atau dengan kata lain media pembelajaran adalah komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampai kan kepada pebelajar baik berupa orang, alat maupun bahan interaksi pebelajar dengan media.
5.      Evaluasi pembelajaran: evaluasi ditujukan untuk menilai pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Hasil dari kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik (feedback) untuk melaksanakan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan materi yang digunakan, pemilihan media, pendekatan pengajaran, dan metode dalam pembelajaran.
Fungsi evaliasi:
a.       Untuk mengetahui kemajuan belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
b.      Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran.
c.       Untuk mengetahui kedudukan siswa dalam kelompoknya.
d.      Untuk memperoleh masukan atau umpan balik bagi guru dan siswa dalam rangka perbaikan.
Beberapa tugas bagi seorang guru dalam menjalankan proses pembelajaran diantaranya yaitu:
·         Mengajar transfer knowledge
·         Mendidik transfer value (nilai-nilai)
·         Melatih    → transfer skill (keahlian)
Guru bergerak atau melakukan usaha berupa transfer knowledge, value dan skill maka akan menghasilkan materi yang sesuai dengan kondisi siswa dalam bentuk kognitif, psikomotorik atau afektif
Kemudian materi yang telah disiapkan tentunya penyampainya menggunakan metode, dan ini bergantung pada cara berfikir atau persepsi masing-masing guru. Penyampaian materi menggunakan alat bantu untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam materi, yang disebut media. Baik berupa media visual, audio atau dengan keduanya
Evaluasi dilakuakn untuk mengetahui seberapa berhasilkah seorang guru melakukan kegiatan pembelajaran, dan melakukan pengembangan jika memang dirasa kurang berhasil.
Tehnik pembelajaran
Dapa diartikan sebagai cara yang dilakukan seorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Teknik pembelajaran merupakan gaya seorang dalam melaksanakan metode atau teknik tertentu yang sifatnya indifidual, jadi dapat diartikan bahwa penbelajaran bukan hanya berupa ilmu melainkan sebuah seni.
Pola-pola belajar
Ø  makna interaksi: adanya hubungan antara dua orang atau lebih (kelompok)
Ø  tujuan Interaksi:
a.       Mempengaruhi
b.      Mengubah
c.       Memperbaiki
Ø  Pembagian interaksi ada 2:
a.       Kontak: interaksi yang terjadi sacar spontan atau langsung
Pembagian kontak:
a.       Kontak satu orangdengan satu orang
b.      Kontak satu orang dengan kelompok
c.       Kontak kelompok dengan kelompok
b.      Komunikasi: hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih (ada respon)
Dapat diartikan bahwa kontak adalah sebuah awalan terjadinya komunikasi

Selasa, 15 November 2011

cara bikin status FACEBOOK anda berwarna

buat statusmu berwarna biru, gimana caranya??
mudah sekali sob, ga perlu ribet-ribet update status lewat blog lainya, kamu tinggal copy dan paste kode yang saya berikan
dan jangan lupa mengganti tulisan " TEKS STATUS KAMU" dengan status yang ingin anda posti
selesai dah,,,mudah bukan
tapi kamu kudu lik disini dulu
CARA MEMBUAT STATUS BERWARNA
kemudian kopi paste kode ini
@@[0:[317188542633:0: TEKS STATUS KAMU ]] .
ni diluncurkan dh lama benernya, cuma saya akan share pada kalian melelui blog saya....
terimakasih dh mau mampir di blig yang sederhana ni
salam kenal...

Senin, 14 November 2011

cewek cakep itu siapa????


Cewek cakep????

Sebenarnya siapa cewek cantik itu???
Kalo menurut temen-temen aku seh, cewek cakeo itu relative artinya setiap kepala punya pendapat masing-masing tentang siapa cewek cakep itu. Jadi buat temen semua g usah minder kalo udah terlanjur punya cewek yang bisa dibilang malu-maluin alias g cakep…hehehehe
Jangan tersinggung ya gan.tapi lu bias belain cewek lu sekarang, dengan pegangan cewek cakep itu beda-beda pendapat, ya nggak???
Tapi kalo menurut banya orang ada beberapa kriteria mengenai itu
Diantara yang gue tau ni:  
  • Mata lebar dan bisa ngeluarin sinar, wedeeeh dah kayak lampu j ngeluarin sinar 
  • Wajah yang simetris, artinya mukanya nggak terlalu mencong ke kanan atau ke kiri
  • Rambut panjang, tapi g harus pake rebounding lho yah,,jangan maksain diri buat cewek yang rambutnya melingker-melingker buat dilurusin, buang-buang uang ngelurusin rambut ke salon dapetnya malah rambut rusak..ya nggak???  mendingan kamu terima semua itu dengan tabah dan sabar...hehehe
  • Tubuh langsing tapi perlu diketahui yah kalo langsing tu g harus KUTILANG Kurus Tinggi Dan Langsing hahahaha. Tapi tubuh langsing didapetin dari hidup yang sehat dan jaga gaya hidup biar ga terlalu gendut dan banyak penyakit 
  • Dan ini rahasia dari yang gue dh pernah baca. Kalo cewek cakep tu dilihat dari betis kakinya, hehehe jangan jorok dulu gan. Soalnya cwek yang secakep kayak pa kalo betisnya kayak pentunganya maling nakutin juga,,,hahahahah bener nggak??? 
  • Kalo masalah tinggi badan she gue piker tu relative gan…maksudnya kalo cowoknya tinggi boleh lah milih cewek yang tinggi, tapi kalo cowoknya kecil kayak gue gni y g mungkin dong nyari cewek yang tinggi, jadi kayak ngomong m TETEKnya j kan,,,hahahahahaha 
  • Jari tangan yang lentik tu biasanya orangnya agak ulet gan, jadi buat para cowok-cowok yang agak males ngerjain tugas bias minta bantuin ma doi dh, hahahaha 
  • Biasanya nih kalo cewek yang jalanya agak bungkuk ato biasa disebut bungkuk udang tu kalo di ranjang agak ganas gan, jadi ati-ati ma cewek yang tipe kayak gini. bisa-bisa keseleo ntar hahahaha
Ni gue kasih tau salah satu contoh cewek cakep menurut fersi On The Spot, hahahaha




Sabtu, 05 November 2011

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

      Berdasarkan jenis data dan cara pengolahannya, secara umum, penelitian dapat dibedakan atas penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut dipaparkan perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Tulisan ini diringkas dari Bab I buku Bogdan, Robert C. dan Biklen, Knopp S. 1998. Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc. Semoga bermanfaat.
Penelitian kualitatif digunakan sebagai istilah payung strategi penelitian dengan karakteristik berikut.
  • Data penelitian merupakan data lunak (soft data), yakni data yang kaya akan deskripsi orang, benda, tempat, dan percakapan atau tuturan.
  • Masalah penelitian dirumuskan dalam wujud fokus penelitian yang menggambarkan kompleksitas masalah penelitian sesuai dengan konteksnya (bukan dalam wujud variabel, pertanyaan, atau hipotesis).
  • Data dikumpulkan dari dan dalam latar alamiah, yakni latar nyata dan sebagaimana adanya.
Teknik penelitian yang populer digunakan dalam penelitian kualitatif adalah:
  • observasi partisipatif, yakni peneliti sebagai pengamat sekaligus sebagai partisipan penelitian; dan
  • wawancara mendalam, yakni peneliti menggali informasi secara utuh, menyeluruh, dan mendalam untuk memperoleh pandangan, pemikiran, dan keyakinan subjek, responden, atau informan serta untuk memperoleh sistem yang berlaku dalam pranata suatu komunitas yang diteliti.
Nama lain penelitian kualitatif adalah (1) penelitian lapangan  atau field work (dalam bidang antropologi); (2) penelitian naturalistik  atau alamiah (dalam bidang pendidikan); dan penelitian etnografi (dalam bidang antropologi).
Karakteristik penelitian kualitatif dapat dikemukakan berikut ini.
  • Penelitian kualitatif bersifat alamiah (naturalistic), yakni latar langsung sebagai sumber data dan peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument).
  • Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yakni data berupa kata-kata  dan gambar yang diperoleh dari transkripsi wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi, dokumen resmi, memo, dan dokumen-dokumen lainnya.
  • Di samping hasil, penelitian kualitatif menekankan proses, yakni proses yang terjadi dan berlangsung pada sumber data (subjek/informan, objek, dan responden) beserta keseluruhan konteks yang melingkupinya, di samping data yang dihasilnyannya.
  • Analisis data penelitian kualitatif cenderung secara induktif untuk memperoleh abstraksi dari keseluruhan data yang diperoleh.
  • Penelitian kualitatif menggali makna kehidupan berdasarkan perspektif partisipan, yakni berdasarkan proses subjek mengkonstruk atau menyusun makna dan berdasarkan proses mendeskrispsikan makna yang disusn subjek.
Sebagai catatan tambahan, sumber data penelitian kualitatif dapat dibedakan atas (1) subjek penelitian, yakni sumber data, misalnya orang, yang aktif sebagai penghasil data (siswa, guru, pegawai kantor pos, camat, buruh pabrik, misalnya); (2) objek penelitian, yakni sumber data, misalnya benda, yang berisi data (candi, novel, kumpulan puisi, surat pribadi, otobiografi, misalnya); dan (3) responden, yakni orang yang merespon atau menjawab kuesioner atau angket yang diberikan peneliti saat mengumpulkan data. Dalam bidang linguistik struktural, sumber data ini lazim disebut sebagai informan, yakni penutur atau pemakai bahasa sebagai sumber korpus data bahasa.
Sepuluh pertanyaan  umum tentang penelitian kualitatif dipaparkan berikut ini.
1.  Apakah temuan-temuan penelitian kualitatif dapat digeneralisasikan?
Penelitian kualitatif tidak dimaksudkan untuk menggeneralisakan temuannya pada populasi karena penelitian kualitit tidak bertitik tolak dari sampel. Dalam penelitian kualitatif digunakan terma transferabilitas, yakni hasil penelitian kualitatif dapat ditransfer ke latar lain atau subyek lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan karakteristik.
2.  Bagaimanakah dengan pendapat, prasangka, dan sifat-sifat memihak (bias) lain dari peneliti dan pengaruhnya terhadap data?
Penelitian kualitatif meneliti secara objektif pernyataan subjektif para subjeknya. Tujuan penelitian kualitatif untuk memperoleh pengetahuan yang terungkap dari persepktif dalam para pelakunya, bukan menilai subjek & latarnya dengan kriteria dari luar diri pelaku. Peneliti dipandu dengan catatan lapangan dan refleksi objektif dan subjektif peneliti saat mengumpulkan data.
3.  Apakah hadirnya peneliti tidak akan mengubah perilaku orang-orang yang ditelitinya?
Penelitian dilakukan secara alamiah, tidak boleh ada intervensi atau perlakuan tertentu pada subjek dari peneliti.
4.  Apakah dua orang peneliti yang sendiri-sendiri mempelajari latar atau subjek yang sama akan menghasilkan temuan yang sama?
Reliabilitas penelitian kualitatif diukur berdasarkan (a) keakuratan dan kekomprehensifan data (b) kecocokan rekaman data dengan kenyataan yang diteliti.
5.  Apakah perbedaan penelitian kualitatif dibandingkan dengan apa yang dikerjakan oleh guru, wartawan, atau seniman?
Penelitian kualitatif bertujuan meneliti tentang sesuatu, menggunakan prosedur ilmiah;, dan menghasilkan temuan penelitian. Pada umumnya, tugas pokok guru adalah mendidik, mengajar, dan mentransfer pengetahuan dan tugas pokok wartawan adalah melaporkan perisitwa sebagaimana adanya.
6.  Dapatkah pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan secara berbarengan?
Bisa, sesuai dengan fungsi, porsi, proporsi masing-masing, misalnya, masalah pertama dengan jenis data data lunak (soft data) digunakan pendekatan kualitatif; sedangkan masalah kedua dengan jenis data keras (hard data) digunakan penelitian kuantitatif.
7.  Benar-benar ilmiahkah penelitian kualitatif itu?
Penelitian kualitatif disebut ilmiah berdasarkan kriteria bahwa penelitian kualitatif merupakan penyelidikan empiris yang ketat dan sistematis berlandaskan data (bukan didasarkan kriteria peneltian ilmiah adalah penelitian dengan pola kerjad eduktif  dan menguji hipotesis).
8.  Apakah tujuan penelitian kualitatif?
Tujuan penelitian kualitatif adalah menghasilkan atau mengkonstruk teori dasar; merumuskan konsep; menggambarkan perilaku.
9.  Manakah yang lebih baik, penelitian kualitatif atau kuantitatif?
Semuanya baik. Yang penting adalah ketepatan terapannya sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif atau kuantitatif.
10.  Apakah perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif?
CIRI-CIRI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
KUALITATIF KUANTITATIF
Frase yang berkaitan dengan pendekatan
etnografis eksperimen
dokumentasi data keras
penelitian lapangan perpektif luar
data lunak empiris
interaksi simbolis positivis
perspektif dalam fakta sosial
naturalistik statistik
etnometodologis metode ilmiah
Deskriptif
pengamatan pelibatan
fenomenologis
aliran Chicago
riwayat hidup
studi kasus
ekologis
naratif
interpretatif


Konsep penting yang berkaitan dengan pendekatan
makna variabel
pemahaman akal sehat opersional
penggolongan reliabilitas
definisi situasi hipotessis
kehidupan sehari-hari validitas
tatanan negosiasi signifan secara statistik
proses replikasi
pemahaman prediksi
tujuan  praktis
konstruksi sosial
teori dasar
Nama yang berkaitan dengan pendekatann
Max Weber Emile Durkheim
Charles Horton Cooley Fred Kerlinger
Harold Garfinkel Edward Thorndike
Margaret Mead Robert Bales
W.I Thomas Donald Chambell
Everelt Hughes
Ervng Golfman
Herbert Blumer
Afiliasi Teoritis
interaksi simbolis fungsionalisme struktural
etnometodologi realisme, positivisme
fenomenologi behaviorisme
kebudayaan empirisme logis
idealisme teori sistem
Afiliasi akademis
sosiologi psikologis
sejarah ilmu ekonomi
antropologi sosiologi

ilmu politik
Tujuan
mengembangkan konsep menguji teori
memerikan realitas ganda menstabilkan fakta
teori dasar (grounded theory) deskripsi statistik
mengembangkan pemahaman menunjukkan hubungan antar variabel

memprediksi
Rancangan
berkembang, lentur, umum terstruktur, ditentukan di awal, formal, khusus
rancangan sebagai panduan proses penelitian rencana kerja operasional
Usulan penelitian
singkat panjang lebar
spekulatif fokus rinci dan khusus
menunjukkan bidang yang relevan diteliti prosedur rinci dan khusus
sering ditulis setelah ada data terkumpul melalui tinjauan pustaka yang substantif
kajian pustaka yang substantif singkat ditulis sebelum ada datanya
ancangan disebut secara umum hipotesa dinyatakan
Data
deskriptif kuantitatif
dokumen pribadi kode kuantitatif
catatan lapangan bilangan, ukuran
foto variabel operasional
kata-kata pelaku sendiri statistik
dokumen resmi dan artefak
Sampel
kecil besar
tidak mewakili berstratifikasi
sampel teoritis kelompok kontrol
sampel bola salju tepat, cermat
bertujuan dipilih acak

kendali kontrol untuk variabel luar
Taktik atau Metode
observasi eksperimen
observasi partisipasi observasi terstruktur
tinjauan atas berbagai dokumen eksperimen semu
wawancara terbuka/berkembang wawancara terstruktur
penjelasan sumber pertama survei
Hubungan dengan subyek
empati ada pembatasan
menekankan kepercayaan jangka pendek
kesetaraan ada jarak
subyek sebagai sahabat subyek-peneliti
hubungan dekat musiman
Instrumen dan alat
tape recorder inventori, kuesioner
alat penyalin tulisan komputer
komputer indeks, skala, skor tes
Analisa dataa
berkelanjutan deduktif
model, tema, konsep dikerjakan selesai pengumpulan data
induktif statistik
induksi analitis
metode komparatif
Masalah dalam penggunaan pendekatan
prosedur tidak baku mengendalikan variabel-variabel lain
memakan waktu mengontorol variabel lain
sulit mereduksi data reifikasi
reliabilitas obtrusiveness
prosedur tidak baku validitas
sulit meneliti populasi besar

Rabu, 02 November 2011

IDM FERSI TERBARU

IDM 6.07 merupakan update idm terbaru yang memiliki banyak fitur baru juga dan semakin menambah kecepatan download nya yang bertujuan meningkatkan kinerja serta kenyamanan bagi para pengguna. Anda tertarik dengan idm 6.07 ini?

Dibandingkan dengan idm 6.05 dan idm 6.06, idm 6.07 mampu meningkatkan kecepatan download sampai 5 kali, melanjutkan dan jadwal download. Kesalahan kemampuan pemulihan dan melanjutkan komprehensif akan restart download rusak atau terputus karena kehilangan koneksi, masalah jaringan, komputer shutdowns, atau listrik padam tak terduga
seru kan,,ni sekaramg aku share lagi buat shobat....tentunya berikut keygegenya dong...hehehehe

 Antarmuka pengguna grafis sederhana membuat IDM user friendly dan mudah digunakan. Internet Download Manager memiliki logika download accelerator cerdas yang segmentasi file fitur cerdas dinamis dan teknologi download multipart aman untuk mempercepat download Anda. Serta diberikan crack idm 6.07 untuk penyempurnaan penggunaan anda

Fitur Internet Download Manager IDM 6.07
*Fixed bugs
*Added support for Firefox 5
*Added additional options on "Download progress" dialog
*Made a workaround for odd characters in file names when downloading from youtube
*Resolved problems with foreign versions of Windows when a username contains hieroglyphs or other Unicode characters
*Advanced browser integration has been significantly amended. Improved automatic interception of downloads, enhanced video stream detection in Chrome, Opera and in other browsers which are integrated with network driver
semoga IDM FERSI TERBARU ini bermanfaat bagi anda
download IDM: klik disini
download keygen: klik disini